24 September, 2009

Tips Mendapatkan Penginapan Gratis di Seluruh Dunia dan Indonesia

Untuk sebagian besar orang traveling dinilai sebagai sesuatu yang sangat mahal. Mungkin mahal itu relatif, tapi mengenai besar kecilnya pengeluaran itu tergantung dari pribadi orang itu sendiri.


Ketika berpergian ke luar kota, banyak hal yang perlu gua lakukan supaya biaya yang dikeluarkan tidak membengkak, salah satunya adalah tidak membeli oleh-oleh. Dan juga gua usahain untuk tidak terpaku, di guesthouse mana aku bakaln tinggal di sana. Hal yang lebih baik gua cari adalah mencari kebaikan orang lokal yang bersedia menampung selama di sana.


Tidak mudah memang mencari kebaikan seseorang untuk menampung di tempat baru. Tapi untungnya itu dulu. Sekarang kan udah canggih, internet membuat semua hal yang sulit didapatkan masa lalu menjadi lebih mudah sekarang.







Terdapat berbagai situs (sebenarnya) di mana member-member yang tergabung di situs itu. Memberikan suatu akomodasi berupa penginapan di rumahnya gratis di seluruh dunia. Situs yang paling terkenal antara lain adalah www.hospitalityclub.org dan www.couchsurfing.org . Untuk rekomendasi couchsurfing menyediakan jumlah member yang lebih banyak dibandingkan hospitalityclub. Sebagai perbandingan member di CS terdapat sekitar 1juta lebih member dibandingkan HC yang hanya 500ribu member. Dan juga buat gua situs itu mudah digunakan. Hanya butuh beberapa waktu untuk sampai lo terbiasa dengan semua pilihan yang ada di situ.


Di situs tersebut, terdapat berbagai macam orang yang sama-sama suka traveling dan mereka menyediakan tempat tinggalnya untuk ditinggali oleh kita selama kita ada di tempat mereka.


Tidak semua member di dalam situs itu memperbolehkan rumah mereka untuk ditinggali, tetapi mereka menawarkan kebaikan yang lain untuk kita. Misalkan : walaw dia tidak bisa menjadi host kita, tapi mereka bisa mengantar kita jalan-jalan mengelilingi kota dll.


Dan juga host kita tersebar di seluruh dunia dan 5 benua, termasuk Indonesia dengan 33 propinsinya, menarik bukan? Jadi kalau lo mungkin berencana traveling gua bakal saran untuk mencari host di tempat yang lo tuju dari situs ini, dibandingkan tinggal di guesthouse, walaw murah. Tapi kalau lo dapet tempat tinggal yang gratis, juga (kadang-kdang) disajikan makanan gratis, dan jalan-jalan yang gratis pula. Lo bakalan pilih yang mana?


Hanya aja di balik kegratisan itu, sebenernya ada bayaran yang tidak bisa dinilai dengan uang. Melainkan bayaran berupa balas budi. Maksud gua, kalau suatu ketika mereka datang ke tempat kita. Maka mereka ingin mendapatkan sesuatu hal yang pernah mereka berikan waktu mereka meng-host kita.


Dan walaw di sisi kemudahan yang lain, jika kita memutuskan untuk mencari siapa yang mau meng-host. Maka  bisanya juga terdapat suatu peraturan-peraturan tersendiri tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama di rumah mereka. Misalkan aja : kita harus bantu bersih-bersih rumah, bantu ini dan bantu itu.


Tapi sebenernya itu bukan masalah kan, karena sebagai tamu dan orang yang menginap kita juga perlu tau sopan-santun dan bertindak hormat terhadap orang yang udah bersedia dengan baik hati memberikan tempat tinggalnya untuk kita tinggali sementara.


Di sisi lain, kita juga harus melihat kapan dan pada hari apa aja seseorang itu bisa meng-host kita, di mana kita akan tidur ; di kamar terpisah, atau di lantai, dll.


Sebenernya sih sama aja seperti kita menginap di rumah orang yang baru dikenal. Pastilah hal-hal seperti itu akan muncul. Dan dari sisi berkomunikasipun, kemungkinan kita juga harus jadi seseorang yang berwawasan. Maksud berwawasan di sini adalah kita mampu memegang pembicaraan dari berbagai umur, baik pembicaraan terhadap anak kecil, seumuran, maupun dewasa dan mampu menghandle pembicaraan tersebut dengan pengetahuan kita sehingga pembicaraan antara lo dan mereka menjadi lebih hidup. Jangan sampe kurangnya keluwesan pembicaraan lo, membuat yang meng-host lo bergumam. “damn, I host a boring person!”.


Dan faktor krusial yang diperlukan juga adalah kemampuan bahasa inggris apabila kita memutuskan untuk berjalan ke luar negri di mana bahasa.indonesia tidak digunakan di sana. 


Jadi gimana. Udah ada gambaran tentang ke mana lo bakalan pergi? Kan sekarang udah ga perlu mikirin biaya hotel, jalan-jalan, makan di kota tersebut.. :)

2 komentar:

Annisa Rizky Amelia mengatakan...

gak nulis gimana caranya dapet tiket pesawat murah? hehehe

Andhika Panduwinata mengatakan...

@Sasa : sa btw soal visa transit ke united kingdom kemaren gua udah dapet informasinya nih. sok aja dibaca http://www.ukvisas.gov.uk/en/howtoapply/infs/inf20transit#Q6

Posting Komentar