03 September, 2009

Kenapa Twitter Itu Menarik?




Buat sebagian orang yang udah tau tentang "Twitter". Mungkin ga perlu dijelasin lagi apa sih situs itu. Menurut, aku, lebih ketagihan situs ini dibandingkan Facebook, Myspace atau Friendster.


Berbeda dengan ketiga situs "jejaring" di atas. Twitter adalah situs paling aneh yang pernah ada di dunia ini. Mungkin karena saking anehnya, pas pertama kali lo jadi anggota di situs itu. Lo ga menemukan sesuatu keunikan sama sekali : tidak ada game, tidak ada blog untuk menulis unek-unek panjang, tidak dapat mendengarkan musik. Hanya sebuah situs yang menyajikan max 140 karakter, sejumlah karakter yang bahkan lebih sedikit daripada lo nulis SMS 160 karakter.


Tapi.. ternyata. Cuma situs ini yang bisa buat gua ketagihan. Sampai-sampai di HP gua terdapat beberapa aplikasi untuk update twitter. Salah satunya adalah : Snaptu.


Di situs ini gua menemukan suatu hal yang menakjubkan. Coba dipikirkan. Bagaimana suatu situs yang hanya menyajikan 140 karakter kepada penggunanya bisa menjadi fenomenal, dan menjadi kumpulan pundi-pundi uang bagi sang pembuatnya. Kita bandingkan dengan Facebook yang dapat menulis karakter sampai dengan beberapa baris, atau friendster yang bisa menulis sampai 250 karakter.


Suatu keunikan yang tidak dapat ditemukan pada ketiga situs "jejaring" tersebut adalah Status yang kita tulis, walaw dengan karakter sedikit dapat dibaca oleh orang-orang di seluruh dunia. Dan status tersebut malah bersifat informatif. Seperti misalkan kita ingin mencari updatean mengenai Bandung, maka yang kita dapatkan adalah :


Orang A : "Ugh, bandung panas banget nih"
Orang B : "Wah, kacau di Surapati sampe jembatan Pasupati Bandung macet banget"
Orang C : "Akan pergi ke Bandung hari sabtu ini"
Orang D : "Hati-hati di Bandung lagi ada demonstran di depan Gedung Sate"
Orang E : "Cuma nunjukin NPWP kita bisa dapet diskon belanja di Bandung lho, 10% bo!"


Itu adalah sedikit contoh apabila kita search updatean mengenai Bandung. Secara nggak langsung kita tau kondisi Bandung seperti apa pada saat ini. Dari hasil search itu maka kita bisa menyimpulkan bahawa Kondisi Bandung sedang Panas, dan macet di sekitar Surapati sampai Pasupati Bandung, akibat adanya demonstran di depan Gedung Sate. Tapi mungkin juga disebabkan oleh orang yang datang berbondong belanja karena ada diskon.


Menarik bukan? Hal yang seperti inilah yang ga bisa kalian dapetin di situs jejaring manapun. Gua lebih suka baca updatean di twitter, walaw notabeni orang yang gua follow ga gua kenal, karena mereka memberi informasi-informasi yang menarik. Yang bahkan secara ga langsung gua mendapatkan pengetahuan dan berita dari mereka. Walaw ada pula orang yang mengupdate status mengenai dirinya sendiri. Tapi inilah keunikan dari situs "micro-blogging" twitter ini.


Bukan ingin menjatuhkan situs Facebook. Tapi kadang gua sering membaca update status yang ga berguna di sana. Seperti misalkan :


Teman A : panas...
Teman B : cape kuliah..
Teman C : kenapa dia sakitin aku..
Teman D : menurut kalian, gua update status apaan ya?


Jujur dari penjelasan di atas, gua bahkan ga mendapatakan informasi apapun selain daripada kejenuhan dan patah hatinya temen-temen gua..


Menurut gua mungkin karena isinya adalah teman-teman kita semua maka, jelas dia mau supaya teman kita mengomentari status kita. Sedangkan hal yang menjadi perbedaan dari twitter adalah orang tidak peduli apakah statusnya akan di komentari atau tidak. Aneh memang, tapi kalau lo udah jadi anggota maka ini memang benar terjadi.


Hal-hal yang perlu lo ketahui sebelum mengetweet adalah status di twitter tidak hanya berisi tulisan saja, tapi sering terdapat bahasa tweet yang bakal lo temuin ketika lo baca updatean seseorang. Seperti misalkan ; RT (retweet), DM (direct msg), @ (at), # (hashtag), dll


Di sini pula kita bisa share video, dan gambar. Hanya saja untuk update gambar maupun video kita tidak update di situs twitter-nya langsung melainkan di situs lain seperti twitpic, dll.


Dan yang paling menarik, mungkin yang membuat twitter terkenal adalah banyaknya sosok penting, dan juga artis yang mempunyai account di sini. Seperti : President Obama, Aston Kutcher, Demi Moore, dll.. Artis Indonesiapun ga kalah banyaknya : Tora Sudiro, Cut Tari, Sarah Sechan, Shanti, dll.


Di situs ini kita berbagi informasi dan juga (pastinya) selalu update status dari si Artis langsung dari HP-nya.. Hehe

0 komentar:

Posting Komentar