27 November, 2009

Buku Harian KKNM : Gua Harus Buat Peta Yang Mana???

Menjelang minggu-minggu akhir pelakasanaan KKN. Belum juga tugas pembuatan peta selesai.

Berbekal program MapInfo versi jebot dan peta bakos lembar Cimahi di komputer yang gua punya. Gua mencoba menyelesaikan peta dasar sesuai dengan pola-pola yang ada dalam peta bakos. Peta dasar adalah peta topografi suatu daerah penelitian yang di dalamnya terdapat ketinggian kontur, aliran sungai, beserta informasi pendukung lain meliputi : batas desa, kabupaten, kecamatan, pemukiman, dll.

Semuanya telah selesai seminggu lalu. Sebuah peta dasar lengkap dengan topografi daerah pemetaan. Tetapi tiga hari lalu temen gua Ridho memberikan informasi mengenai perubahan pembuatan, peta, dasar menjadi peta petunjuk jalan.

Dalam peta petunjuk jalan terdapat informasi berupa alur jalan beserta informasi lokasi-lokasi penting, seperti : Sekolah, lokasi kantor desa, Puskesmas, kantor polisi, dll.

--

Tugas pembuatan peta ini sendiri adalah ide kita (gua dan Rido) dari Teknik Geologi. Sedangkan mahasiswa dari jurusan yang lain misalkan : Fakultas Hukum. Mereka mempunyai program kerja sendiri seperti pembuatan AD/ART Koperasi, yang kemudian gagal terhambat masalah teknis berupa kesiapan modal awal dari koperasi desa.

Tugas pembuatan peta ini mencakup beberapa tahap pengerjaan : salah satunya adalah survey lapangan daerah penelitian menggunakan GPS untuk menentukan data di setiap lokasinya. Setelah data tersebut didapat, kemudian disimpan dan dimasukkan ke dalam peta bakos yang sebelumnya sudah ada dalam program komputer bernama "Mapinfo".


Program Mapinfo itu bertugas menge-
plot peta yang telah ada, kita juga dapat me-register peta tersebut. Tujuan register peta adalah mengatur koordinat pada peta dalam program yang sesuai dengan lokasi pemetaan yang nantinya akan dimasukkan data koordinat yang sudah kita dapatkan selama survey langsung di lapangan.


Informasi mengenai lahan pertanian, perkebunan, ladang, perumahan, posisi jalan, dan jalan tol telah gua masukkan ke dalam Mapinfo. Sehingga secara garis besar telah terbentuklah sebuah peta dasar yang menggambarkan keadaan lingkungan lokasi daerah penelitian secara keseluruhan.

--

Masalah muncul ketika teman gua bernama Rian dari Fakultas Sastra, yang juga bertugas sebagai seksi "Oleh-oleh", yang bertugas memikirkan apa yang nantinya akan kita berikan sebagai kenang-kenangan kepada pihak desa. Berupa cendramata sebagai kenang-kenangan dari mahasiswa, bahwa kami juga telah "sedikit" bekerja memberikan kontribusi untuk pembangunan desa.


Rian mempunyai ide untuk membuat sebuah peta petunjuk jalan untuk desa, yang teknis pembuatannya dilakukan seluruhnya oleh mahasiswa dari Teknik Geologi. Inilah awal muasal kebingungan gua muncul. Setelah selesai mengerjakan peta dasar penelitian KKNM, ternyata peta dasar yang telah gua buat tersebut harus berubah menjadi peta petunjuk jalan. Sebenernya gua bisa saja membuat peta dasar dan petunjuk jalan secara bersamaan. Tapi jelas, gua harus melakukan
survey ke lapangan lagi untuk menentukan lokasi-lokasi penting di daerah penelitian, seperti : Sekolah, kantor desa, masjid, polisi, puskesmas, dll. Alhasil gua pun harus memilih jenis peta yang akan gua buat.. Dan karena pilihan mayoritas menunjuk semua kepada pembentukan.. Peta petunjuk jalan.. Maka mau tidak mau gua harus merubah peta dasar menjadi petunjuk jalan.
 
 
peta dasar geologi
 
Peta petunjuk jalan


------------ KILAS BALIK

Sebelumnya juga sempat mempunyai suatu masalah dengan pihak desa mengenai pembuatan peta ini. Peta batas wilayah desa Mekarsari (tempat gua melaksanakan KKN) yang dipasang di kantor desa, dengan batas wilayah peta bakos yang kita punya memiliki perbedaan yang amat besar. Pihak desa menuturkan bahwa peta yang mereka punya adalah peta yang paling benar, tetapi ketika gua lihat dari isi dan ketepatan koordinat lokasi dalam peta. Gua menyimpulkan bahwa peta yang paling benar adalah peta bakos yang gua punya. Tetapi akhirnya gua pun mengalah dan mengikuti bentuk peta dari kantor desa. :/ *sigh*

 


 
Peta bakos
 
Peta kantor desa
---


Ok, semuanya gua mau tidur sekarang. Gua coba bicarakan dengan Rido mengenai informasi tambahan apa lagi saja yang diperlukan untuk pembuatan peta jalan ini.


Gua mau tidur dulu. Besok Idul Adha, dan harus solat ied.. Selamat menjadi kurban semuanya :)

1 komentar:

obatkencingbaru.wordpress.com mengatakan...

Da aku mah apa atu disini juga cuma nitip link @keepSmile :D

Posting Komentar