20 Desember, 2009

Forrest Gump (1994) : Sebuah film yang menghidupkan kembali John F.Kennedy, John Lennon, dll




The world will never seem same once you've seen it through the eyes of... Forrest Gump.My momma always said, "Life was like a box of chocolates. You never know what you're gonna get...  

Walaw film ini diproduksi tahun 1994. Gua baru punya kesempatan menontonnya 15 tahun kemudian :)

--



Film ini bercerita mengenai Forrest Gump, seseorang yang dikenal idiot karena mempunyai IQ sangat rendah. Beruntung, dia dibesarkan oleh seorang ibu yang dengan tulus mendidiknya agar menjadi seorang yang pemberani.

Sang ibu bahkan rela melakukan apa saja agar dia bisa menyekolahkan anaknya di Sekolah Dasar yang layak, bukan di Sekolah Luar Biasa (special school). Walaw itu artinya, dia harus menyerahkan tubuhnya ke Kepsek sekolah tersebut agar anaknya bisa diterima bersekolah di sana. "My boy Forrest, will get the same opportunities as everyone else".


Setelah diterima bersekolah di sana. Forrest berkenalan dengan seorang anak perempuan bernama Jenny. Dengan Jenny lah Forrest akhirnya menemukan seorang teman sejati sepanjang umur hidupnya.

--

Sepanjang film, Forrest yang telah dewasa menceritakan flashback perjalanan hidupnya sebagai seorang yang awalnya diolok-olok karena keidiotannya, hingga menjadi seorang pemain rugby, atlit nasional, pengusaha udang sukses, pemegang saham "mac" apple (yang dia kira adalah perusahaan yang memproduksi buah), hingga menyelamatkan teman-temannya yang sekarat seorang diri, ketika ditugaskan menjadi tentara US di Vietnam. "I don't even know, why i must go to white house for several times?". 

Coba perhatikan sehelai bulu burung yang terbang terhempas angin di awal opening film. Bulu itu akan kembali dihadirkan saat ending film ini. Jika kamu memperhatikan keseluruhan cerita. Kamu akan sadar, bahwa sehelai bulu burung itu mempunyai arti yang sangat "dalam" bagi Forrest.

--

Mengenai spesial efek. Gua heran dengan teknologi yang dipakai. Di beberapa adegan, diperlihatkan beberapa tokoh terkenal : John F kennedy, John Lennon sedang bersalaman dengan Forrest.

"Bagaimana bisa? mereka kan udah meninggal?".

Secara keseluruhan. Film ini benar-benar bagus, dan tanpa disadari lo akan banyak meneteskan air mata akhirnya. :)

2 komentar:

Valerie mengatakan...

good review... v nonton forrest gump pas kuliah... dijadiin tugas... bulu itu khan jadi simbol... bahwa kehidupan manusia akan selalu terbang mengikuti arus... kaya hidupnya forrest... ;)

satu lagi film yang mesti lo nonton, pan, belajar mengenai "never give up", man of honor...

Andhika Panduwinata mengatakan...

(SPOILER ALERT!)

Film referensi ve jadi list download-an gua ve :)

Kalau menurut gua maksud dari bulu itu adalah Jenny.

waktu kecil jenny pernah berdoa di perkebunan jagung sama Forrest. Dia berdoa

"dear god, make me a bird so i can fly far-far away from here"

setelahnya ada prolog : "Momma always said god is mysterious. He didn't turn Jenny into a bird that day.."

nah yang bikin merinding waktu menjelang ending film waktu si Forrest ngeliat terus makam Jenny. Setelah dia bilang "is there anything you need i won't be far away".. sesaat setelah dia bilang itu, tiba-tiba langsung banyak burung hinggap di pohon tempat Jenny dimakamkan.

Dari situ gua merinding.

Tapi maknanya sih bisa jadi apa aja, tentang bulu burung ini ve. tergantung dari sisi penontonnya :) pokoknya bagus film ini.

Posting Komentar