22 Januari, 2010

District 9 : Menjadi Kaum Tersisih Dalam Bentuk Seorang Alien



Gua baru aja selesai nonton film ini. Karena cukup berkesan, kayaknya kurang lengkap kalau gua ga buat ulasan filmnya.

Untuk yang udah nonton, pasti tau bagusnya film ini. Untuk yang belum, Inilah referensi film yang "wajib" lo tonton.

Setiap kita nonton film tentang Alien, maka yang tertanam dalam benak kita adalah "cerita tentang intimidasi yang mereka lakukan terhadap manusia". Khusus untuk film ini ?. Tanamkan dalam pikiran kalian. "bukan alien, tetapi manusia lah yang akan mengintimidasi mereka!".

Alien adalah kaum tersisih dengan kelas lebih rendah dari manusia, dan mempunyai julukannya"stupid prawn" (udang bodoh) karena memiliki lapisan badan berbuku-buku menyerupai udang dan mudah ditipu..

-- SINOPSIS



Diceritakan pada tahun 1982, sebuah UFO "mogok" mendadak di atas kota Johannesburg Afrika Selatan, akibat salah satu komponen pentingnya terjatuh ke bumi. Pasukan militer negara itu dengan sigap memeriksa fenomena yang terjadi dan mencoba memeriksa hingga masuk ke dalam UFO itu. Di dalam, mereka menemukan jutaan alien dalam keadaan mengenaskan : mereka kelaparan, dan kekurangan gizi.

Militer pun merelokasi mereka ke tempat yang sangat terisolasi dan dipagar kawat, serta jauh dari peradaban masyarakat sekitar, di suatu distik paling kumuh di kota itu, bernama : District 9.

--

Dua puluh tahun kemudian, akibat semakin intensnya interaksi mereka dengan manusia. Sedikit demi sedikit mereka mulai memahami bahasa manusia, tapi kemudian prilaku mereka pun mulai berubah brutal, mereka sering terlibat tindakan kriminal : Melakukan kejahatan, perebutan makanan, prostitusi, bahkan mereka pun berkoalisi dengan anggota gangster untuk saling mem-barter senjata yang mereka miliki, dengan sejumlah "makanan kucing".

Oleh karena perubahan prilaku itu. Pemerintah kemudian memutuskan memberi marka di hampir seluruh area publik bertuliskan "FOR HUMANS ONLY. NON-HUMANS BANNED", yang berarti : area tersebut hanya diperuntukkan untuk manusia saja. Baik di taman, restaurant, atau toilet sekalipun. Demi keselamatan warganya.



--

Kendali atas alien-alien itu dipegang oleh suatu perusahaan swasta bernama MNU (Multi-National United) sebuah perusahaan yang mendapat profit besar, apabila mereka berhasil menemukan jalan untuk mengaktifkan berbagai senjata yang dimiliki alien itu untuk keperluan militer. Sayang, berbagai cara telah ditempuh tetapi yang mereka temui hanyalah jalan buntu. Karena senjata tersebut mempunyai semacam "pengenal" canggih, yang hanya aktif apabila digunakan oleh pengguna yang memiliki "DNA Alien". (Kasarnya : Hanya alien tersebut lah yang mampu mengaktifkan senjata tersebut).

Ketegangan antara alien dan manusia semakin memuncak pada saat petugas lapangan MNU bernama Wikus van der Merwe, melakukan kontak dengan cairan misterius yang lambat laun mengubah struktur DNA-nya menjadi alien.

Sejak kejadian itu, Wikus menjadi orang paling diburu di seluruh Afrika Selatan. Dirinya menjadi berharga bagi siapapun, termasuk para "gangster". Dengan DNA alien yang dimilikinya, maka hanya dia lah manusia yang mampu mengoperasikan berbagai senjata yang dimiliki alien tersebut. Yang telah lama menjadi incaran pasukan militer dan gengster selama beberapa dekade lamanya.
--


Secara garis besar, gua sangat suka dengan film ini. "Sangat bagus".

0 komentar:

Posting Komentar